Pengolahan Hasil Samping dari Ikan dan Daging Menjadi Produk Nonpangan


Prakarya 

Pengolahan Hasil Samping dari Ikan dan Daging Menjadi Produk Nonpangan

Misteri Dunia - blogger

1. Pengertian 
   
Produk sampingan non pangan adalah produk yang dihasilkan selain produk utama. Pengolahan hasil samping dapat berupa tulang ikan, sisik ikan, kulit hewan, kotoran hewan, dan lain-lain. Beberapa jenis hasil sampingan daging dan ikan yang dijumpai adalah jaket kulit, beduk, dan gantungan kunci.


2. Jenis hasil sampingan
  • Tulang
Tulang merupakan bagian pembentuk tubuh yang banyak mengandung kalsium fosfat sebanyak 14% dari total susunan tulang. Bentuk fosfat ini dapat diserap baik oleh tubuh sekitar 60%-70%. Unsur utama lainnya yaitu karbohidrat, sedangkan yang dalam jumlah kecil, yaitu magnesium, sodium, sitrat, stronsium, fluorida, hidroksida dan sulfat. Tulang ikan dan daging dapat diolah menjadi tepung tulang karena memiliki kalsium 
  • Kulit 
Kulit adalah bagian paling luar dari daging dan merupakan organ tunggal tubuh paling berat. Kulit merupakan hasil ternak yang paling tinggi nilai ekonominya, 59% dari nilai keseluruhan produk. 

Fungsi kulit:
  1. alat perasa
  2. pelindung jaringan di bawahnya
  3. memberi bentuk
  4. mengatur suhu tubuh
  5. tempat terjadinya sintesis vitamin 
Hasil sampingannya dapat berupa hiasan, karpet, sepatu, tas, dan sebagainya.
Sisik adalah lapisan kulit yang keras dan berhelai-helai, berupa kepingan kecil yang kaku, tumbuh di kulit binatang sebagai pelindung. Sisik dapat diolah menjadi hiasan,bros, juga aksesoris lainnya 
Bulu adalah suatu struktur epidermis yang membentuk penutup luar tubuh pada burung dan unggas. Bulu unggas banyak dimanfaatkan untuk bulu kemoceng.

3. Karekteristik Produk Nonpangan 

Hasil sampingan ikan dan daging banyak digunakan untuk industri dan pakan ternak. Hal ini disebabkan karena masih banyak mengandung nutrisi seperti air, protein, serat, lemak, vitamin dan mineral.

Ikan adalah organisme yang hidup di periaran, mengandung protein yang sanagt tinggi. protein ini berfungsi dalan meningkatkan kecerdasan.Hasil samping yang dimanfaatkan diantaranya sisik, kepala ikan, jeroan dan tulang. Jenis produk nonpangannya yaitu berupa tepung ikan untuk pakan ternak.

Daging adalah bagian lunak pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang yang menjadi bahan makanan. Tersusun sebagian besar dari jaringan otot, ditambah lemak yang melekat, urat serta tulang rawan.

Daging dibedakan menjadi 2 berdasarkan warnanya:
  1. merah ( kambing, domba, sapi, dll)
  2. putih ( unggas)
Hasil sampingan daging biasanya dari kulit, bulu dan tulang yang digunakan untuk makanan ternak, hiasan kerjinan dan pupuk.

4. Metode Pengolahan 
  • Fermentasi = proses produksi sel dalam keadaan anaerobik(tanpa oksigen)
  • Pengeringan = proses terjadinya penguapan kadar air pada bahan non pangan 



Comments